Cara berternak bebek pedaging buat pemula


Ternak Bebek Pedaging - Bebek (itik) ialah hewan ternak yang kerap dikonsumsi serta digemari oleh masyarakat. selain bisa menghasilkan telur, daging itik pun mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. kebiasaannya daging itik dipanen sesudah habis waktu produktivitas bertelurnya. kini banyak budidaya itik yang tujuannya terhadap daging.

Cara budidaya itik pedaging buat pemula sebetulnya sangat gampang jika kita menelisik metode melaksanakannya yang tepat
. supaya lebih jelas berikut metodenya kami paparkan, barangkali cocok bagi Anda sebagai pemula.

Kandang

Kandang bebek (itik) disesuaikan rujukan oleh besar serta kecilnya keuangan yang Anda punyai. Alangkah alangkah bagus kandang itik pedaging memakai proses kandang panggung yang menghadap ke arah matahari terbit (timur).

Akan tapi jika Anda tak memakai kandang panggung, Anda bisa mensiasatinya dengan memakai susunan sekam padi atau kapur serta pasir buat memisahkan itik dari kotorannya sendiri. Kapur dapat bermanfaat buat memelihara pH tanah, mengendalikan penyakit serta memacu jalannya peresapan kotoran ternak ini.

adanya tiga macam kandang yang bisa dimanfaatkan dalam beternak itik pedaging:

Pertama, kandang boks khusus buat meletakkan anak itik (DOD)yang mempunyai ukuran kira-kira 1- 2 meter buat memuat 50 ekor DOD.Kedua, kandang brower yang dispesialkan buat perawatan itik usia remaja.Ketiga, kandang layer khusus buat itik petelur umur dewasa yang dapat menampung 4-5 ekor itik berusia dewasa.

Dengan mengamati pengelolaan kandang yang baik tersebutkan ternak unggas ini bisa tumbuh dengan bugar sehingga dagingnya juga bisa tumbuh dengan maksimal. Upayakan material buat kandang terbuat dari bahan yang tahan lama serta kuat. Sediakan pula tempat yang cukup buat makan serta minum ternak yang Berposisi dalam kandang.

Pembibitan

Berikut cara-cara buat mendapati bibit bebek pedaging yang unggul serta berkualitas:

Pilih bibit bebek pejantan yang benar-benar unggul Karena akan berefek sekali terhadap keturunanya kelak.Bibit bebek pedaging yang dibeli sesegera mungkin menetas dari bebek petelur yang sudah terjamin mutu/kualitasnya.Kawinkan bebek jantan serta betina yang unggul fungsi menetaskan telur-telur yang akan dibuat jadi bibit.Bibit DOD dibeli di tempat yang sudah ditanya oleh Dinas Peternakan ataupun pihak terhubung lainnya.Bibit DOD dipastikan tak dalam keadaan cacat atau sakit yang ditandai dengan bulu mengkilat serta warna bulu kuning segar.

Perawatan

Bibit bebek unggul (berkualitas) secepatnya ditempatkan terhadap kandang yang sudah disiapkan buat perawatannya.Bibit diletakkan dengan metode merata terhadap suhu yang telah disesuaikan, lantas imbuhkan vitamin di makanan/minuman bibit itu.Untuk bibit bebek pedaging berusia 0-16 hari pergunakan wadah datar agar mempermudah saat mengkonsumsi pakan. sedangkan itu buat usia 16 – 21 hari memberi pakan dengan menyebarnya di lantai kandang serta juga di wadah datar.Saat bebek telah berusia 21 – 18 minggu tersebutkan cukup disebarkan saja pakan tersebut di lantai. Jangan dilupakan nutrisi tambahan layaknya jagung, tepung ikan, atau bekatul

Tidak ada komentar: